Raden Saleh Sjarief Bustaman

Riwayat Hidup Singkat.

Nama : RADEN SALEH SJARIEF BUSTAMAN

Tempat/Tahun Lahir : Terbaya, 1807

Tempat/Meninggal : Bogor, 23 April 1880

Nama Ayah : Sayid Husen bin Alwi bin Awal

Nama Ibu : Raden Ayu Sarif Husen Bin Alwi Bin Awal

Riwayat sebagai Pelukis :

  1. Pada tahun 1817 dan 1829 mendapat pendidikan dasar melukis dari A.A.J. Payen seorang pelukis dari Belgia, saat Raden Saleh dipersiapkan oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk menjadi calon pegawai pada “Badan Penyelidikan Ilmu Pengetahuan dan Kesenian”  yang dikepalai oleh Prof.C.G.C. Reinwardt di Bogor.
  2. Pada tahun 1829, Raden Saleh mendapatkan kesempatan untuk mengiringi Inspektur Kesenian Belanda yang bernama de Linge dalam perjalananya ke Nederland.
  3. Di Negeri Belanda, Raden Saleh belajar melukis pada pelukis-pelukis Belanda yaitu Cornelius Krusemen dan Andreas Schelfhout, atas anjuran yang diberikan oleh A.A.J. Payen.
  4. Pada tahun 1839, Raden Saleh meninggalkan Negeri Belanda untuk pergi ke Jerman, bermula ke Berlin, Dresden dan kemudian ke Coburg. Pada saat itulah Raden Saleh mendapatkan kesempatan untuk melukis para Raja dan Bangsawan serta melukis kuda-kuda piaraan para orang-orang berkuasa itu.
  5. Pada tahun 1845, ia mengunjungi bekas gurunya Payen di Doornik, Belanda, dan kemudian dilanjutkan ke Paris,  dan disana ia berkenalan dengan seorang pelukis yang bernama Horace Vernet serta pelukis-pelukis kenamaan yang lain.
  6. Bersama Vernet ia pernah mengunjungi negeri jajahan Perancis yaitu Aljazair.
  7. Di Eropa, Raden Saleh terkenal sebagai Pelukis kehidupan Hewan.
  8. Tahun 1851 Raden Saleh kembali ke Indonesia dan kemudian banyak melukis potret orang-orang berada dan berpangkat, dan kemudian ia membangun Rumah mewah di pinggir Kali Ciliwung, yang kini menjadi “Rumah Sakit Cikini”. Di pusat kesenian Jakarta yang sekarang, yaitu” Taman Ismail Marzuki”,  pernah ditempatkan “Kebun Binatang”.
  9. Raden Saleh kawin dengan seorang wanita Belanda Indo yang kaya raya bernama Nn. Winkelman, namun akhirnya bercerai  dan kemudian kawin lagi dengan Raden Ayu Danuredjo.
  10. Raden Saleh sempat kembali ke Eropa pada tahun 1875 dan 1879, dan sekembalinya dari Eropa ia tinggal di Bogor sampai akhir hayatnya yaitu 23 April 1880.
  11. Lukisan-lukisan Raden Saleh yang terkenal diantaranya : Antara Hidup & Mati, Penangkapan Pangeran Diponegoro, Banjir di Jawa (yang diilhami lukisan “Rakit Medusa” karya Girodet), Berburu, Hutan Terbakar, dan beberapa Potret Penguasa Belanda seperti John. Van den Bosch, Ny.v. Alphen-1854, dll.

Lihat juga : SILISILAH RADEN SALEH

About these ads

2 Tanggapan

  1. Terbaya itu Semarang, yang ada terminalnya itu ‘kan? Kok tega-teganya mengubah tulisan jadi Terboyo ya?

    • Terima kasih koreksinya, ……… seingat saya, saya menulisnya dengan Terbaja bukan Terboyo, tapi yang kami maksud adalah Terbaya seperti yang anda maksud, tapi sekarang sudah saya betulkan sesuai saran anda. Namun perlu diketahui bahwa tidak ada niatan untuk merubah, menurut hemat saya, yang ada hanyalah perbedaan penggunaan ejaan saja.

      Tapi perlu diketahui bahwa kata “Terboyo” memang banyak di gunakan (ditulis) dalam beberapa literatur antara lain pada :

      1.Silisilah Raden Saleh yang dibuat oleh Ir. Achmad Prijono seorang anggota Keluarga keturunan Raden Saleh . (Klik disini untuk melihat silisilah).
      2. Pengantar Surat R. Saleh Ario Notodiningrat kepada Pemerintah Hindia Belanda yang dimuat dalam Buku yang diterbitkan oleh Dewan Kesenian Jakarta (1973) berjudul “RADEN SALEH 1807 – 1880, Perintis Seni Lukis di Indonesia” halaman 28 yang aslinya adalah sbb ; In essence the letter explained the Genealogy of the Bustaman Family, starting from Kyai Ngabehi Kertoboso Bustam (1681-1759), Deputy Regent of Terboyo, Semarang, who had 10 children”.

      Sekalilagi terima kasih atas koreksinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: